Tradisi


Grebeg

Kraton Ngayogjakarta Hadiningrat setiap tanggal 1 Sawal dalam Kalender Jawa mengelar tradisi Grebeg Syawal (Sawal), menandai hari kemengan setelah berpuasa Ramadhan sebulan penuh.
Grebeg atau Garebeg adalah tradisi Kraton Ngayogjakarta Hadiningrat sebagai perwujudan Hajad Dalem atau sedekah Sultan kepada rakyatnya yang disimbolisasikan dengan Gunungan yang berisi sayuran diantara kacang panjang, cabe dan sebagainya. Kraton Yogya selain menggelar Grebeg Syawal juga meggelar Grebeg Maulud untuk memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW serta Grebeg Besar pada saat Idul Adha.
Walapun Upacara tradisional ini telah berusia ratusan tahun, ternyata masih mendapat sambutan luas masyarakat Yogyakarta, terbukti ribuan warga memadati Pagelaran Kraton Yogya dan sepanjang rute menuju halaman Masjid Gedhe Kauman,setiap acara digelar.
Tradisi ini biasanya menjadi tontonan yang menarik boeat wisatawan mancanegara yang dengan antusias menyaksikan jalannya upacara.
Prosesi Grebeg Syawal bisanaya dimulai sekitar pukul 10.00 WIB, yang diawali dengan kirab 8 (delapan)bregodo (prajurit) Kraton Yogya dari Siti Hinggil menuju Alun-Alun Utara, di depan gerbang Pagelaran Kraton. Kedelapan bregodo itu yakni Wirobrojo, Daheng, Patangpuluh, Jagakarya, Prawiratama, Ketanggung, Mantrijero dan Nyutra. Disusul Panglima prajurit atau Manggalayudha GBPH Yudhaningrat menempatkan diri ditengah-tengah barisan bregodo sebagai pemimpin upacara.
Selanjutnya sebuah Gunungan Jaler (Laki) diusung puluhan abdi dalem keluar dari kraton diiringi oleh Bregodo Bugis dan Surakarsa. Sesampainya di depan Pagelaran, disambut tembakan salvo oleh bregodo kraton yang sebelumnya telah berbaris dalam formasinya.
Iring-iringan Gunungan kemudian menuju halaman Masjid Gedhe kauman di sebelah barat Alun-alun Utara Kraton Yogya. Ratusan pengunjung telah menanti untuk mengalap berkah dari Gunungan itu, usai ritual singkat di depan masjid, secara spontan warga ngerayah atau berebut isi gunungan.
Sebagian orang tua menganggap bila berhasil mendapat isi gunungan akan memberikan berkah tersendiri. Ada juga beberapa anak remaja yang ikut ngrayah namun mereka tampaknya sekedar larut dalam keramaian